Welcome To My Blog


1. Musik Digital


     1.1 Pengertian Musik Digital

Musik Digital pada dasarnya adalah berupa harmonisasi bunyi yang dibuat melalui perekaman dari alat-alat musik analog (konvensional) atau alat-alat musik digital (yang dibuat dengan bantuan komputer) yang disimpan dan diproses dengan media berbasis tehnologi komputer. Format digital ini dapat menyimpan data dalam jumlah besar, jangka panjang dan berjaringan luas. Musik Digital ini sendiri mengalami perkembangan dari masa ke masa yang dimulai dengan piringan hitam sampai kepada CD ataupun MP3 file. Saat ini Musik Digital itu sendiri telah berkembang sedemikian rupa sampai kepada hanya berupa suatu file (musik) yang dapat diperdengarkan dalam format MIDI ataupun menggunakan Ipod. Secara singkat dapat diartikan seperti itu. Sumber suara musik digital pun bisa beragam, bisa dengan merekam berbagai suara dari alat musik seperti gitar, bas, drum, dan piano.Lalu kemudian suara-suara dari alat musik tersebut dapat digabungkan menggunakan komputer. Atau bisa juga menggunakan aplikasi MIDI. Aplikasi MIDI mampu menghasilkan berbagai jenis suara dan efek suara, yang kemudian juga dapat digabungkan menjadi sebuah harmoni musik yang enak didengar.

Tetapi secara logis, Musik Digital dapat diartikan sebagai reproduksi suara dari sinyal digital yang telah dirobah keasalnya menjadi sinyal analog, perekaman suara digital dengan cara pengkodean angka biner hasil dari perobahan sinyal suara analog dengan bantuan frekwensi sampling. Musik digital bisa juga berasal dari suara sintetis, contoh peralatan sumber suara sintetis MIDI merupakan sumber suara digital berbagai instrumen musik yang bisa dimainkan oleh pemusik. Bentuk penyimpanan sinyal digital dalam media berbasis teknologi komputer. Format digital dapat menyimpan data dalam jumlah besar, jangka panjang dan berjaringan luas. 

     1.2 Sejarah Musik Digital 
  • Piringan Hitam diputar dengan Gramophone 
Awalnya, piringan hitam merupakan sebuah alat yang memiliki pena yang bergetar untuk menghasilkan bunyi dari sebuah disc. Ide ini berasal dari Charles Cros dari Perancis pada tahum 1887. Namun sayangnya tidak pernah terwujud. Pada tahun yang sama, Thomas A. Edison menemukan Phonograph (pemutar piringan hitam) yang berfungsi untuk merekam suara yang kebanyakan digunakan untuk keperluan kantor. Nama Gramophone berasal dari Emilie Berliner yang pada tahun 1888 menemukan piringan hitam jenis baru dan mematenkannya di bawah label Berliner Gramaphone. Pada tahun 1918 masa pematenan berakhir, semua label pun berlomba-lomba untuk memproduksi piringan hitam. Pada masa itu, kebanyakan pemilik gramophone masih terbatas pada kalangan menengah atas saja. 
  • Kaset diputar dengan tape, walkman 
Compact audio cassette diperkenalkan oleh Philips sebagai media penyimpanan audio di Eropa pada tahun 1963. Kemudian pada tahun 1965 mulai diproduksi secara massal. Pada tahun 1971, Advent Corporation memperkenalkan Model 201 tape deck yang mengkombinasikan Dolby Type B dan chromium dioxide (Cr02). Inilah cikal bakal music cassette player. Tahun 1980an muncul Walkman dari Sony sebagai media pemutar kaset portable. Pita kaset dapat merekam lagu dengan durasi hingga 1 jam di setiap sisinya. Kualitasnya cukup baik namun kerap kali terjadi penurunan kualitas suara yang dihasilkan ketika pita kaset mengalami gangguan, kotor atau rusak.
  • CD, VCD, DVD diputar dengan CD player, discman 
CD dibuat dalam usaha merampingkan media penyimpanan musik dengan memperbaiki kualitas suara yang dihasilkan. Pada November 1984, dua tahun setelah CD diproduksi secara massal, Sony mengeluarkan Discman sebagai media pemutar portable. Musik dalam format CD, VCD maupun DVD memiliki kualitas suara yang lebih baik tetapi tetap mengalami gangguan jika disc tersebut tergores, berdebu ataupun rusak. 
  • Musik Digital diputar dengan MP3 Player, iPod 
Musik Digital menggunakan sinyal digital dalam proses reproduksi suaranya. Sebagai proses digitalisasi terhadap format rekaman musik analog, lagu atau musik digital mempunyai beraneka ragam format yang bergantung pada teknologi yang digunakan. 

     1.3 Kelebihan dan Kekurangan dari Musik Digital 

Kelebihan
Musik dalam format digital ini memiliki beberapa keunggulan dibanding musik dalam medium konvensional, yaitu : 
  • Format yang beragam dapat disesuaikan dengan teknologi yang digunakan 
  • Kualitas copy yang serupa dengan master memudahkan penggandaan dari pihak perusahaan rekaman tanpa menurunkan mutu
  • Proses penjualan dengan pendekatan single atau satu lagu terbukti jauh lebih efektif dan efisien ketimbang medium konvensional seperti kaset atau CD
Kekurangan 
Dengan segala kelebihannya, Musik Digital memiliki beberapa kekurangan juga yaitu : 
  • Kemudahan perekaman dan penggandaan rekaman memacu terjadinya pembajakan yang tentu saja akan merugikan. 
  • Penyebaran Musik Digital di Internet tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh label sehingga mempengaruhi pemasukan untuk label. 
2. Produksi Musik Digital 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dalam industri musik membuat kita semakin mudah memproduksi musik sendiri. Ini terbutkti dari semakin menjamur nya tidak hanya studio skala sedang hingga studio rumahan. Musisi zaman sekarang pun tidak luput baik dari kalangan Pro sampai kalangan Indy memiliki studio rumahan sendiri, ini berguna untuk menuangkan karya. 

Kini zaman telah berubah berevolusi Digital teknologi khusus nya musik sangat membantu musisi, antara lain : Produksi Murah, Cepat, efisien dan mudah.Dalam sejarah nya system musik recording digital Digital Audio Workstation bermula pada tahun 1970, percobaan pertama nya based on CPU pada tahun 1980 dengan Apple machintos dan Atari TS. Kemudian sekitar awal tahun 1992 produksi Musik digital pertama pada basis operasi Windows pertamanya lahir oleh perusahaan Soundscape Digital Technology (lalu diikuti oleh Mackie kemudian Solid state Logic), SADiE, Echo Digital Audio and Spectral Synthesis. Dan pada tahun 1996 perusahaan berbasis dijerman Steinberg memperkenalkan produk nya bernama Cubase dapat merecord dan playback sebanyak 32 channel tanpa harus menggunakan Digital Signal prosessor outboard /harware. 

Steinberg adalan technology system starter yang merevolusi system Musik produksi digital didunia sampai sekarang, sehingga banyak pengikut perusahaaan musik produksi digital untuk diproduksi dan memasarkan produknya masing dengan system yang serupa dengan steinberg system.Yang berkembang di dunia sampai saat ini. CPU dengan spek yang mumpuni, Disk/hard Disk yang memadai berfungsi sebagai Host untuk menunjang kinerja DAW. DAW ( Digital Audio Workstation ) adalah sebuah sistem software rekaman berbasis computer yang di rancang untuk menggantikan studio rekaman tradisional. (Cubase, nuendo, garageband, SADIE, protocols, Logic, Sonar, cakewalk, presonus studio one Dll). InterfaceA/D-D/A (analog to Digital – Digital to Analog), atau biasa disebut sound card/converter. Berfungsi untuk merubah signal analog menjadi digital, dan sebaliknya. Mic Condenser. Berfungsi sebagai transducer yaitu merubah gelombang suara di udara menjadi variasi voltase kemudian akan dirubah menjadi data digital oleh converter dalam bentuk angka digital binary digit (Bit). Berupa data WAVE. 

Monitor System. Yang dimaksud disini adalah speaker yang flat dan dirancang khusus untuk kebutuhan mixing / mastering. Ruangan Vocal kedap suara/ Vocal Booth Ini menghindari noise / suara bising yang tidak diinginkan tidak ikut terrekam pada saat tracking. Optional Instrument (guitar, Bass, Vsti Instrument, Effect Processor, dsb, Outboard Micpreamp). Perlu diingat kejernihan rekaman/kualitas bergantung kepada Converter/ Audio Interface AD-DA, Mic preamp, dan Mic Condenser. 

     2.1 Proses Pembuatan Musik Digital 

Untuk dapat membuat musik digital, ada 2 unsur utama yang perlu dikuasai yaitu :
  1. Penguasaan software MIDI yang digunakan. 
  2. Penguasaan teori dasar musik. 
Penguasaan software MIDI yang digunakan. 

MIDI (Musical Instrument Digital Interface) merupakan proses produksi musik, yang dilakukan dengan memainkan instrumen-instrumen musik, dengan metode digital atau komputer. Seluruh proses pembuatan musik digantikan dengan komputer, baik dari komposisi hingga instrumen yang digunakan.
Untuk penguasaan software produksi musik digital, setidaknya ada 3 hal yang harus Anda mengerti, yaitu :
a. Score : susunan atau komposisi musik yang dibuat.
b. Instrumen musik digital : merupakan instrumen-instrumen musik yang dihasilkan melalui komputer.
c. Mixing : menyelaraskan segala unsur instrumen yang digunakan dalam sebuah aransemen, sehingga dapat nyaman didengar.

Penguasaan teori dasar musik. 

Sebagai contoh, ini adalah langkah - langkah tentang bagaimana cara menyusun sebuah lagu :
a. Melodi
- Tangga nada mayor, minor, blues, dll
- Alur melodi (melodi utama – reff)
- Menentukan lagu ada berapa
b. Acord / Kunci / Chord
setelah tercipta melodi, buat chord untuk mengiringi melodi tersebut.
c. Ketukan
kembangkan ketukan yang digunakan dalam membentuk komposisi lagu.
d. Progresi Chord
susun progresi chord keseluruhan lagu dengan baik.
e. Pengembangan lagu
susun bagian-bagian lagu sesuai dengan hati nurani. 

     2.2 Software Pembuat Musik Digital 

Salah satu cara mengomposisi musik adalah memanfaatkan teknologi komputer atau lebih dikenal dengan tracking. Dalam tacking, seorang komposer dapat menciptakan musik dengan bermodalkan komputer atau laptop. 

Dalam penjelasan kali ini, saya akan membahasa aplikasi tracking yang tentunya bersifat freeware alias gratis. Tentunya ditambahkan pula dengan berbagai macam aplikasi menarik lainnya. Salah satu software yang sering digunakan adalah Kristal. 

Kristal adalah multi-track recorder yang baik untuk mengelola sequencer audio dan mixer. Software ini di rancang sebagai sistem modular dengan aplikasi utamanya menggunakan mixing consule. Sementara, sequencer audio, input audio, dan sebagainya dimuat sebagai plugin terpisah. Kristal Audio Engine memiliki 16 track audio, 3-band parametric EQ, 2 VST insertslots per channel, 3 VST Master effect slots, dan fitur-fitur menarik lainnya. Aplikasi ini bisa anda unduh di website resminya yang beralamat di http://www.kreatives.org/kristal/. 

3. Distribusi Musik Digital 

Walaupun terlihat cukup sederhana, akan tetapi pembuatan musik menggunakan media digital tidak semudah yang kita bayangkan. Ada beberapa hal dasar yang harus dikuasai, seperti apa saja komposisi sebuah musik, dan mengerti mengenai proses mixing seluruh instrumen yang digunakan. Yang terpenting dalam pembuatan musik digital adalah membuat ritme. Setelah ritmenya sesuai, batu dapat digabungkan dengan komponen lain. 

Banyak musik yang dibuat melalui proses rekaman studio, lalu formatnya diubah menjadi format digital. Ada beberapa faktor yang membuat penikmat musik lebih memilih musik dalam format digital. 

Seperti, mudahnya mendapatkan musik dalam format digital, hanya dengan mengunduh, baik secara gratis maupun berbayar, penikmat musik sudah mendapatkan musik yang diinginkan. Dengan menggunakan media digital, penikmat musik juga dapat memilih salah satu lagu yang ia sukai tanpa harus memiliki keseluruhan album. 

Musik dalam format digital juga dapat memberikan keuntungan bagi si pembuat musik. Penjualan musik dalam bentuk nada tunggu (RBT) telepon seluler jauh lebih menguntungkan dibandingkan harus menjual dalam bentuk CD atau kaset. 

Selain mendapatkan keuntungan dalam bentuk materi, pembuat musik juga dapat memanfaatkan teknologi internet untuk menyebarluaskan karya mereka. Pembuat musik dapat menyebarkan karyanya ke seluruh dunia, dengan cara mengunggah karya mereka ke berbagai website jejaring sosial. Sudah banyak musisi Indonesia yang berhasil manggung di luar negeri dengan cara seperti ini. 

4. Konsumsi Musik Digital 

Berikut adalah format – format dari berbagai konsumsi music digital : 
  • MP3 
MP3 (MPEG, Audio Layer 3) menjadi format paling populer dalam musik digital. Hal ini dikarenakan ukuran filenya yang kecil dengan kualitas yang tidak kalah dengan CD audio. Format ini dikembangkan dan dipatenkan oleh Fraunhofer Institute. Dengan bitrate 128 kbps, file MP3 sudah berkualitas baik. Namun MP3 Pro-format penerus MP3-menawarkan kualitas yang sama dengan bitrate setengah dari MP3. MP3 Pro kompatibel dengan MP3. Pemutar MP3 dapat memainkan file MP3 Pro-namun kualitas suaranya tidak sebagus peranti yang mendukung MP3 Pro. 
  • WAV 
WAV merupakan standar suara de-facto di Windows. Awalnya hasil ripping dari CD direkam dalam format ini sebelum dikonversi ke format lain. Namun sekarang tahap ini sering dilewati karena file dalam format ini biasanya tidak dikompresi dan karenanya berukuran besar. 
  • AAC 
AAC adalah singkatan dari Advanced Audio Coding. Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG), sejak standar MPEG-2 diberlakukan pada tahun 1997. Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz-dua kali MP3. Format ini digunakan Apple pada toko musik online-nya, iTunes. Kualitas musik dalam format ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah. iPod, pemutar musik digital portabel dari Apple, adalah peranti terkemuka yang mendukung format ini. 
  • WMA 
Format yang ditawarkan Microsoft, Windows Media Audio (WMA) ini disukai para vendor musik online karena dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mencegah pembajakan musik, hal yang sangat ditakuti oleh studio musik saat ini. Kelebihan WMA lainnya adalah kualitas musik yang lebih baik daripada MP3 maupun AAC. Format ini cukup populer dan didukung oleh peranti lunak dan peranti keras terbaru pada umumnya. 
  • Ogg Vorbis 
Ogg Vorbis merupakan satu-satunya format file yang terbuka dan gratis. Format lain yang disebutkan di atas umumnya dipatenkan dan pengembang peranti lunak atau pembuat peranti keras harus membayar lisensi untuk produk yang dapat memainkan file dengan format terkait. 
Dari segi kualitas, kelebihan Ogg Vorbis adalah kualitas yang tinggi pada bitrate rendah dibandingkan format lain. Peranti lunak populer, Winamp dan pelopor pemutar MP3 portabel Rio sudah mendukung format ini dalam model terbarunya. Walaupun demikian dukungan peranti keras terhadap format ini masih jarang. 
  • Real Audio 
Salah satu format yang biasa ditemukan pada bitrate rendah. Format dari RealNetworks ini umumnya digunakan dalam layanan streaming audio. Pada bitrate 128 kbps ke atas RealAudio menggunakan standar AAC MPEG-4. 
  • MIDI 
Format audio satu ini (yang biasanya berextention xxxx.mid) lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atau peranti elektronik lainnya, tetapi (biasanya) tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat (kecuali digunakan proses tambahan). File dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.

Referensi 

Pro Evolution Soccer (PES resmi disingkat dan dikenal sebagai Winning Eleven di Asia dan Amerika Selatan) adalah video pertandingan sepak bola yang dikembangkan oleh Konami seri (sebelumnya oleh divisi Konami Computer Entertainment Tokyo). Serial ini telah diproduksi di bawah bimbingan dari Shingo "Seabass" Takatsuka.




Sebagian sebagai akibat dari afinitas EA Sports 'untuk membeli hak eksklusif untuk seri FIFA mereka, game memiliki historis kekurangan tipis volume lisensi hadir dalam penawaran EA, dengan absen paling menonjol menjadi Liga Utama Inggris dan Jerman Bundesliga. Dengan demikian, tim kaus, nama, dan pemain mungkin tidak akurat.

Setiap tahun, versi game ini dirilis pertama sebagai Winning Eleven di Jepang, dan setelah beberapa bulan versi yang sedikit dimodifikasi dirilis di seluruh dunia, dalam dua paket yang berbeda: World Soccer: Winning Eleven bagi Amerika, dan Pro Evolution Soccer untuk seluruh dunia. Selain itu, di Jepang dan Korea versi lokal dilepaskan, menampilkan liga lokal dan tim termasuk yang Eropa. Pada tahun 2007, waralaba mulai menggunakan "Winning Eleven: Pro Evolution Soccer" untuk pasar Amerika, yang dialihkan ke Pro Evolution Soccer di tahun 2008, menjatuhkan moniker Winning Eleven sepenuhnya untuk wilayah itu.

Pada Agustus 2011, franchise Pro Evolution Soccer telah diterjemahkan ke dalam 19 bahasa dan tersedia di 62 negara. Serial ini telah menjual lebih dari 70 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya salah satu penjualan video game terbaik.

Game Modes dan Fitur - Fitur pada Pro Evolution Soccer

Master League

Pada Master League ini memberikan kontrol bagi pengguna dari tim nya / pilihan nya. Awalnya, semua pemain kita berasal dari tim yang kita pilih sebelumnya, namun hal ini kemudian berubah ketika pengguna memberikan pilihan untuk mengubah pengaturan dan memilih untuk bermain dengan pemain default. Para pemain ini telah menjadi tokoh penting bagi banyak orang bermain Master League. Tujuannya adalah untuk menggunakan pemain dan mendapatkan poin dengan memenangkan pertandingan, cup dan liga. Dengan menggunakan poin yang diperoleh kita dapat membeli pemain untuk bergabung dengan tim kita. Akhirnya, jadilah tim yang kita impikan sesuai dengan keinginan kita yang di isi oleh pemain – pemain hebat.

Dari Winning Eleven 8, pertumbuhan pemain dan kurva penurunan ditambahkan, di mana statistik pemain dapat memperbaiki atau menurun, tergantung pada pelatihan dan usia. Ini menambahkan persaingan baru untuk membeli pemain dengan menambahkan nilai ke pemain yang baru di beli yang kemampuannya dapat meningkat secara dramatis dan membuat pertukaran pada pemain veteran yang bermain terampil tetapi menurun.

Editing

Penggemar seri sering membuat "file pilihan" dan "patch" yang memodifikasi semua nama pemain ke rekan-rekan mereka yang sebenarnya kehidupan, serta termasuk transfer dari jendela transfer terbaru dan, sesekali, statistik yang berubah pemain yang lebih jelas yang di- atribut permainan tidak tepat mereplikasi keterampilan nyata kehidupan mereka.

"PES database Statistik" dan "Statistik PES" adalah contoh dari situs yang didedikasikan untuk menciptakan statistik yang akurat bagi pemain. Ini adalah didistribusikan melalui internet dalam format digital, kemudian ditransfer ke memory card PlayStation 2 menggunakan hardware seperti Drive Max. Gamer yang lebih berpengalaman sering menggunakan "patch", mengedit kode permainan yang sebenarnya dan memodifikasi konten grafis untuk menyertakan kit akurat untuk tim tanpa izin, stadion baru, dan bola dari Nike, Inc, Puma, Umbro dan Mitre hingga Adidas. Kebanyakan patch juga mengandung kit wasit berlisensi dari FIFA dan logo resmi dari berbagai liga Eropa. Patch ini secara teknis melanggar hak cipta, dan sering dijual secara ilegal di wilayah di Timur Tengah dan Asia. Konami telah menjadi kurang toleran dari jenis pengeditan penggemar dalam beberapa tahun terakhir, dan sekarang mengenkripsi data yang berkaitan dengan kit dan statistik pemain dalam setiap rilis baru. Namun, komunitas penggemar selalu menemukan cara untuk memecahkan enkripsi ini, dan patch masih muncul sekali ini telah dicapai.

Sejak Pro Evolution Soccer 6 dan seterusnya, telah ada liga yang terpisah dengan 18 tim generik seperti (Tim A, Tim B, Tim C dll) yang dapat diedit sepenuhnya. Hal ini diduga disebabkan oleh fakta bahwa Konami gagal mendapatkan hak ke Bundesliga Jerman, dan biasanya dibuat menjadi Bundesliga atau lain liga preferensi seseorang oleh para pembuat patch. Namun, kebanyakan orang menggunakan ini untuk menaruh pemain diedit mereka ke tim dimainkan dari awal daripada harus bermain melalui Master League untuk membeli mereka atau alternatif mengedit non-generik tim yang ada. Fitur ini tidak muncul dalam versi Wii dari permainan (tapi, seperti yang dinyatakan di atas, tim non-generik dapat diedit pula).

Pro Evolution Soccer Series

  • Pro Evolution Soccer
  •  Pro Evolution Soccer 2
  • Pro Evolution Soccer 3
  
  • Pro Evolution Soccer 4

  • Pro Evolution Soccer 5
  • Pro Evolution Soccer 6

  • Pro Evolution Soccer 2008
  •  Pro Evolution Soccer 2009
  • Pro Evolution Soccer 2010
  • Pro Evolution Soccer 2011

  • Pro Evolution Soccer 2012

 
Selanjutnya saya ingin menjelaskan tentang seri Pro Evolution Soccer terbaru yaitu Pro Evolution Soccer 2012.


Pro Evolution Soccer 2012

Pro Evolution Soccer 2012 (PES 2012 disingkat dan dikenal secara resmi sebagai World Soccer: Winning Eleven 2012 di Asia) adalah edisi yang kesebelas dalam seri Pro Evolution Soccer dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami dengan bantuan produksi dari Tim Langit Biru. Lionel Messi, yang telah menjadi bintang sampul untuk seri PES sejak 2009, akan digantikan oleh Cristiano Ronaldo, sementara Shinji Kagawa menggantikan Messi sebagai bintang penutup untuk versi Jepang. AS dan Amerika Latin akan mencakup fitur pemain Santos Neymar dan Cristiano Ronaldo.
Seperti versi sebelumnya dari permainan, itu akan eksklusif lisensi oleh UEFA mengandung Liga Champions, Liga Eropa UEFA dan Super kompetisi Piala UEFA bersama dengan lisensi dari CONMEBOL untuk fitur Copa Libertadores Santander. "Wasit yang mengatur Liga Champions, Liga Eropa UEFA dan Piala Super Eropa pertandingan akan memakai resmi UEFA Liga Champions seragam, yang merupakan pertama untuk serial ini.

Pada tanggal 28 Juli 2011, Konami mengkonfirmasikan bahwa PES 2012 akan dirilis untuk PlayStation 3, Xbox 360 dan Microsoft Windows pada 14 Oktober 2011 di Eropa dan 6 Oktober 2011 di Jepang pada Gamescom 2011. Diumumkan bahwa PlayStation portable dan PlayStation 2 versi akan mengikuti pada tanggal 28 Oktober 2011 dan Wii pada tanggal 4 November 2011. Penerbit juga telah mengkonfirmasi bahwa versi untuk Nintendo 3DS dan format IOS juga dalam pengembangan, dengan jadwal perusahaan untuk mengikuti.

Ada dua demo, keduanya yang dirilis untuk PlayStation 3, Xbox 360 dan PC. Yang pertama didasarkan pada pratinjau membangun dari permainan dan dirilis pada tanggal 24 Agustus 2011 untuk PlayStation 3 dan PC, meskipun karena "masalah di kedua belah pihak" menurut Jon Murphy, Team Leader PES, itu tidak dirilis di Xbox 360 demo kedua dirilis 14 September di PlayStation 3, Xbox 360 dan PC.
Gameplay PES 2012 adalah terutama penyempurnaan dari PES 2011, dengan perubahan besar kurang dari iterasi sebelumnya tetapi perbaikan yang lebih kecil dan perubahan di berbagai bidang seperti kecerdasan buatan, kecepatan, animasi, dan fisika.

Di antara fitur-fitur baru adalah Kontrol Rekan setim sistem, di mana pemain sekunder dapat dikendalikan, baik selama bermain, atau di set piece atau lemparan ke dalam. Hal ini memungkinkan pemain untuk ditempatkan secara tepat, membuat berjalan, dan melepaskan penanda sebelum memanggil bola. Versi manual dan dibantu fitur yang tersedia untuk berbagai tingkat kesulitan dan kontrol.

Wasit telah diperbaiki dan mencakup implementasi penuh dari aturan keuntungan, dengan wasit menarik kembali bermain untuk pemesanan setelah bola keluar dari bermain. "Catch-up bug", di mana bek akan menangkap penyerang menggiring bola terlalu mudah, terlepas dari kecepatan penyerang, akan dibahas. Gameplay lebih cair, dengan respon yang lebih baik ketika mengendalikan bola, dan kiper telah ditingkatkan dengan animasi baru dan pertunjukan kiper umumnya lebih handal.

Kecerdasan buatan telah meningkat lebih dari game PES sebelumnya, misalnya AI pemain akan bermain lebih serius saat membela bukan hanya menerapkan tekanan, dan AI rekan satu tim akan membuat keputusan lebih banyak gerakan cerdas.

Tutorial Game Pro Evolution Soccer 2012



Referensi :
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Pro_Evolution_Soccer_(series)
  • http://www.konami.com/games/pes2012
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Pro_Evolution_Soccer_2012
  • http://www.youtube.com/watch?v=LEN_9zw8Dbs

`


Click !!

Selamat Datang Di Blog Saya

Thank you for visiting ..

Mengenai Saya

Foto saya
Gw adalah mahasiswa S1 jurusan IT di gunadarma.. gw itu orangnya gak suka cari masalah, agak ngeselin, baik hati dan tidak sombong, engga mau ribet, santai, ya gitu dah pokoknya... hhe.. hal yang gw senengin / hoby gw : Berenang, Main PS3 ( yang maen PES klo mau di bilang jago, kalahin gw dulu), Ngumpul Bareng Temen, Ngenet, Main DOTA, Badminton, Futsal, Jalan - jalan, pokoknya yang seru2 dah..

=> Calendar <=

=> Hour <=

Jadwal Shalat

Apa Mata Kuliah Favorit Anda ?

Website Universitas Gunadarma

Lucu n Kocak :D

Favorite gue nh !!!

Favorite gue nh !!!
"The Blues" CHELSEA !!

COLDPLAY - VIVA LA VIDA

New Found Glory - Kiss Me

Para Pengunjung Blog Gue !!

Followers

Kutipan favorite...

"Jangan pernah mengaku kalah, meski kelihatannya hal itu tidak dapat di hindari"

TOP ARTIKEL

Diberdayakan oleh Blogger.