Pengertian Engine Game
Game engine merupakan sebuah komponen
inti software dari sebuah game ataupun aplikasi
lain yang menggunakan
grafik secara real
time.
Game
engine mempunyai development
tools dengan tampilan visual dan langsung
terintegrasi didalam IDE
(integrated development environment) sehingga
tools
– tools development tersebut dapat
digunakan kembali untuk
mengembangkan game yang lain. Hal
ini membuat game engine sering disebut game middleware karena game engine mempercepat
pengembangan sebuah game, mengurangi
biaya pemgembangan game, tingkat kompleksitas dari
pengembangan game, yang merupakan faktor
utama untuk bersaing didalam industri game. Beberapa game engine hanya
memberikan fitur untuk melakukan 3D rendering,
dan tidak memberikan fitur – fitur yang dibutuhkan untuk membuat game secara
keseluruhan. Game engine seperti ini disebut
sebagai 3D engine, dan
sangat bergantung pada pengembang game untuk
menambahkan fitur – fitur yang tidak terdapat didalamnya dengan
menggunakan komponen dari game engine yang lain.
Contoh dari game engine tersebut adalah ; RealmForge, Ogre,
Jmonkey. Game engine yang memberikan
fitur 3D engine dikembangkan dengan
menggunakan grafik API
(application programming
interface) seperti Directx
dan openGl, yang
memberikan akses ke GPU (Graphical Processing Unit) dari video card. Game engine secara lisensi terbagi
menjadi dua yaitu;
open source dan
komersial. Salah satu
contoh game
engine open
source yang terkenal
adalah Crystal Space dan Ogre, sedangkan game engine komersial terkenal dan banyak digunakan saat ini adalah Torque game
engine.
Jenis Engine Game
Pada awalnya
jenis – jenis game engine dapat dikelompokkan menjadi;
game
engine FPS (First Person
Shooter), game engine RTS (Real Time Strategy), dan beberapa jenis game engine lainnya, tetapi
pengelompokan jenis game engine semakin
lama menjadi semakin tidak jelas dikarenakan faktor – faktor sebagai berikut :
- Game engine yang ada saat ini mampu mengembangkan berbagai macam genre engine, walaupun dikembangkan dari game engine yang hanya dikhususkan pada satu genre saja. engine MMORPG Lineage II merupakan salah satu contoh engine yang dikembangkan dari game engine yang berbeda genre dengan Lineage II, yaitu game engine Unreal II yang ber-genre FPS (First Person Shooter).
- Game engine yang dianggap baru terkadang masih menggabungkan teknologi lama dengan teknologi baru yang ada di game engine tersebut, hal ini dikarenakan teknologi yang dianggap maju saat ini akan menjadi standar yang diharapkan pada tahun – tahun mendatang.
Contoh implementasi penggabungan teknologi lama dan teknologi baru adalah, Red Faction (2001) yang memberikan fitur
dinding dan tanah
yang dapat hancur,
ini merupakan hal yang
tidak biasa pada game engine saat itu hingga
menjadi standar baru game engine di tahun 2004.
Faktor – faktor
tersebut di atas,
bukan menjadi kelemahan
dari game
engine, tetapi menunjukkan
perkembangan game engine terus meningkat dan
pengembang engine
mampu memaksimalkan kemampuan dari game engine.
Komponen - Komponen Engine Game
Game engine memberikan fitur – fitur
yang biasa terdapat
didalam engine, seperti 3D atau 2D rendering,
LAN
(local area network), efek suara, animasi, artificial
intelligence,
networking, scripting,
dan lain sebagainya. Fitur – fitur ini
adalah komponen utama dari game engine, dan masing - masing
game
engine bisa memiliki komponen yang berbeda.
Secara garis besar komponen – komponen game engine terbagi menjadi 4 bagian :
1. Grafik Rendering
Rendering merupakan fitur
utama dari game engine untuk menampilkan
model secara 2D
atau 3D. Rendering grafik
membaca obyek atau model
yang akan dimasukkan, menampilkan
obyek atau model tersebut setiap
pixelnya dilayar sehingga
menghasilkan obyek atau model dengan detil.
2. Physic Game
Game engine memungkinkan
untuk menentukan event
yang terjadi pada obyek-obyek engine, dan mensimulasikan efek sebenarnya pada obyek-obyek tersebut
sesuai karakteristik tiap
obyek, seperti : memantul, pecah, dan lain sebagainya.
3. Platform Abstraction
Platform abstraction
mempermudah untuk
mengembangkan engine
disetiap platform yang berbeda,
dan beberapa game engine bisa mengembangkan engine pada
platform
konsole.
4. IDE (Integrated Development
Environment)
Game engine menyederhanakan
dan memudahkan proses pengembangan engine, seperti koding,
penambahan visual atau
efek suara, memasukkan AI
(Artificial Intelligence) ke dalam engine,
pengembangan engine
dengan networking dan lain sebagainya.
Namun
suatu game
engine tidak wajib memiliki komponen – komponen seperti yang disebutkan
diatas. Komponen – komponen
tersebut merupakan garis
besar dari beberapa engine game yang ada saat
ini, sehingga bila
terjadi kekurangan komponen pada
game
engine yang
digunakan pengembang engine perlu melengkapi
komponen tersebut dengan tools –
tools
yang lain.
Sumber :
- http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab2/2007-3-00145-IF-Bab%202.pdf
1 komentar:
Casinomeister is taking the metaverse to the next level
Casinomeister is taking the 전라북도 출장마사지 metaverse 구미 출장샵 to 오산 출장마사지 the next level - a step closer to the 영천 출장마사지 gaming space I want to play at the best casino in the world and have a fun 울산광역 출장샵
Posting Komentar