Welcome To My Blog

Dari kepanjangannya saja Disk Operating System, jadi sudah pasti DOS termasuk sistem operasi. Namun GUI (Graphical User Interface) masih terbilang buruk dan Mengoperasikannya masih melalui disk. DOS merupakan sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Pada awalnya sekitar tahun 1980 Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086 yang kemudian Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer. Satu tahun kemudian IBM meluncurkan PC¬ DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086 yang kemudian diubah menggunakan nama MS¬ DOS untuk OS ini jika dijual oleh perusahaan diluar IBM. Pada tahun 1983 Versi 2.0 dari MS¬ DOS diluncurkan pada komputer PC XT. Mulai saat itu lah DOS menjadi terkenal dan mulai berkembang dangan membuat beberapa versi taip tahunnya. Pada 1983 Versi 2.0 dari MS¬ DOS diluncurkan pada komputer PC XT. Pada tahun 1984 Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB. Masih di tahun yang sama Microsoft juga meluncurkan MS¬DOS 3.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan. Pada tahun 1986 Microsoft meluncurkan MS¬ DOS 3.2 yang menambahkan dukungan untuk floppy 3.5 inch 720 KB. Setahun kemudian Microsoft meluncurkan MS¬ DOS 3.3 yang merupakan versi paling populer dari MS DOS. Pada tahun 1988 Microsoft pun mengeluarkan MS¬DOS 4.0 dengan suasana grafis. Tiga tahun kemudian Microsoft meluncurkan MS¬DOS 5.0 dengan penambahan fasilitas fullscreen editor, undelete, unformat dan Qbasic. Di tahun 1993 Microsoft kembali memperkenalkan MS¬DOS 6.0 Upgrade, yang mencakup program kompresi harddisk DoubleSpace. Pada tahun 1994 Microsoft meluncurkan MS¬DOS 6.2 dan masih ditahun yang sama Microsoft meluncurkan MS¬DOS 6.22 pada tahun 1994 dengan program kompresi bernama DriveSpace. Ini merupakan versi terakhir dari MS DOS.

Selain itu DOS dapat menjalankan program-program dari user dan membantu user dalam menggunakan komputer, menyediakan sarana sehingga pemakaian komputer menjadi mudah (convenient) dan memenfaatkan perangkat keras computer yang terbatas secara efisien(resource manager). Maka dari itu pantaslah jika DOS dikatakan sebagai Sistem Operasi.

0 komentar:

Posting Komentar

`


Click !!

Selamat Datang Di Blog Saya

Thank you for visiting ..

Mengenai Saya

Foto saya
Gw adalah mahasiswa S1 jurusan IT di gunadarma.. gw itu orangnya gak suka cari masalah, agak ngeselin, baik hati dan tidak sombong, engga mau ribet, santai, ya gitu dah pokoknya... hhe.. hal yang gw senengin / hoby gw : Berenang, Main PS3 ( yang maen PES klo mau di bilang jago, kalahin gw dulu), Ngumpul Bareng Temen, Ngenet, Main DOTA, Badminton, Futsal, Jalan - jalan, pokoknya yang seru2 dah..

=> Calendar <=

=> Hour <=

Jadwal Shalat

Apa Mata Kuliah Favorit Anda ?

Website Universitas Gunadarma

Lucu n Kocak :D

Favorite gue nh !!!

Favorite gue nh !!!
"The Blues" CHELSEA !!

COLDPLAY - VIVA LA VIDA

New Found Glory - Kiss Me

Para Pengunjung Blog Gue !!

Followers

Kutipan favorite...

"Jangan pernah mengaku kalah, meski kelihatannya hal itu tidak dapat di hindari"

TOP ARTIKEL

Diberdayakan oleh Blogger.