Welcome To My Blog

1.    Pengertian Algoritma & Pemrograman

•    Algoritma adalah langkah langkah untuk menyelesaikan suatu masalah atau perintah yang dijalankan secara bertahap dari awal sampai akhir.
•    Pemrograman adalah Rangkaian kegiatan atau perintah untuk dieksekusi oleh komputer.

Jadi, Algoritma Pemrograman adalah urutan langkah-langkah logis untuk membangun sebuah program yang disusun secara sistematis. Langkah-langkah dalam membangun sebuah program berkaitan dengan desain dan rancangan program yang diinginkan pemrogram agar program tersebut dapat dieksekusi oleh komputer.

2.    Teknik – Teknik Bahasa Pemrograman.

Dalam Bahasa pemograman ada beberapa teknik, yaitu sbb:
1.      Pemograman Procedural
•    Merupakan Instruksi khusus yang dieksekusi secara berurutan.
2.   Pemograman Functional
•    Merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah atau instruksi yang akan dijalanka atau dieksekusi oleh komputer berdasarkan fungsi-fungsi.
3.    Pemograman Terstruktur
•    Merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah atau instruksi yang akan dijalankan atau dieksekusi oleh komputer berdasarkan procedur atau fungsional.
4.    Pemograman Berbasis Modul
•    Merupakan pemograman yang didasarkan atas kumpulan program procedural dan atau program functional yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan modul.
5.      Pemograman Berorientasi Objek
•    Merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah atau instruksi yang akan dijalankanoleh komputer berdasarkan kejadian yang berkenaan dengan sebuah objek.
6.      Pemograman Generic
•    Merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah yang akan dijalankan oleh komputer bersama-sama pemograman berorientasi objek atau pemograman functional.
7.      Pemgoraman Declarative
•    Merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah yang akan dijalankan oleh komputer berdasarkan pernyataan (declarative) yang berhubungan dengan logika.

3.    Pengertian Logika, Argumen Relasional, dan Common Fallicies.

•    Logika adalah suatu upaya berpikir secara cermat dan tepat mengenai berbagai argumen yang hendak dikemukakan seseorang. Logika juga dapat digunakan untuk menganalisis atau menguji argumen -argumen orang lain
•    Common Fallacies adalah elemen didalam argumen yang mengacaukan logika berfikir sehingga mengakibatkan suatu diskusi atau perdebatan menjadi tak obyektif dan tak sah secara keseluruhan.
•    Argumen Relasional adalah Operator relasional yang digunakan untuk mmbandingkan 2 atau lebih objek. Java sendiri menyediakan enam operator relasional, seperti : lebih besar dari (>), kurang dari (<), lebih besar dari atau sama (>=), kurang dari atau sama (<=), (==), sama dan tidak sama (!=).
Semua operator relasional adalah operator biner, dan operan mereka ekspresi numerik. Numerik biner diterapkan pada operan dari operator, Hasil evaluasi dalam nilai boolean. Operator relasional memiliki awalan lebih rendah dari operator aritmatika, tetapi lebih tinggi dari operator penugasan.
jadi, intinya Argumen Relasional digunakan untuk mencari nilai kebenaran.

4.    Induksi Matematika.

•    Induksi matematika adalah suatu metode yang digunakan untuk memeriksa validasi suatu pernyataan yang diberikan dalam suku-suku bilangan asli. Secara singkat, merupakan teknik pembuktian yang baku di dalam matematika.

5.    Aljabar Boolean dalam Algoritma.

•    Aljabar boolean merupakan aljabar yang berhubungan dengan variabel-variabel biner dan operasi-operasi logik. Variabel-variabel diperlihatkan dengan huruf-huruf alfabet, dan tiga operasi dasar dengan AND, OR dan NOT (komplemen). Fungsi boolean terdiri dari variabel-variabel biner yang menunjukkan fungsi, suatu tanda sama dengan, dan suatu ekspresi aljabar yang dibentuk dengan menggunakan variabel-variabel biner, konstanta-konstanta 0 dan 1, simbol-simbol operasi logik, dan tanda kurung. Suatu fungsi boolean bisa dinyatakan dalam tabel kebenaran.

•    Suatu tabel kebenaran untuk fungsi boolean merupakan daftar semua kombinasi angka-angka biner 0 dan 1 yang diberikan ke variabel-variabel biner dan daftar yang memperlihatkan nilai fungsi untuk masing-masing kombinasi biner. Aljabar boolean mempunyai 2 fungsi berbeda yang saling berhubungan.

•    Dalam arti luas, aljabar boolean berarti suatu jenis simbol-simbol yang ditemukan oleh George Boole untuk memanipulasi nilai-nilai kebenaran logika secara aljabar. Dalam hal ini aljabar boolean cocok untuk diaplikasikan dalam komputer. Disisi lain, aljabar boolean juga merupakan suatu struktur aljabar yang operasi-operasinya memenuhi aturan tertentu.

•    Contoh penggunaannya adalah sebagai dasar operasi hitung (aljabar) dalam pemrograman yang menggunakan sistem bilangan biner sebagai bahasa pemrograman, mendukung perkembangan hardware dan software komputer.

6.    Memory dan Scope Variabel dalam Pembuatan Program.

•    Memory adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer.

•    Scope Variabel sebenarnya memiliki makna yang sama dengan variabel namun ada yang membedakannya. Jadi, Scope Variabel merupakan satu paket dengan variabel dan tipe datanya dibuat pada saat pembuatan program.
Contoh tipe datanya :  int x, float y, dll.

Namun, Scope Variabel sebenarnya adalah variabel saja. Jadi, hubungannya penggunaan variabel yang menggunakan tipe data tertentu akan berpengaruh terhadap memori. Jadi, apabila kita membuat ingin membuat program yang seminimal mungkin sebaiknya kita menggunakan memori agar  program tidak lambat (lemot) ketika di eksekusi. Namun, alangkah baiknya apabila kita menggunakan tipe data integer jika rentang atau jangkauan nilai masih memungkinkan agar menghemat memory yang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

`


Click !!

Selamat Datang Di Blog Saya

Thank you for visiting ..

Mengenai Saya

Foto saya
Gw adalah mahasiswa S1 jurusan IT di gunadarma.. gw itu orangnya gak suka cari masalah, agak ngeselin, baik hati dan tidak sombong, engga mau ribet, santai, ya gitu dah pokoknya... hhe.. hal yang gw senengin / hoby gw : Berenang, Main PS3 ( yang maen PES klo mau di bilang jago, kalahin gw dulu), Ngumpul Bareng Temen, Ngenet, Main DOTA, Badminton, Futsal, Jalan - jalan, pokoknya yang seru2 dah..

=> Calendar <=

=> Hour <=

Jadwal Shalat

Apa Mata Kuliah Favorit Anda ?

Website Universitas Gunadarma

Lucu n Kocak :D

Favorite gue nh !!!

Favorite gue nh !!!
"The Blues" CHELSEA !!

COLDPLAY - VIVA LA VIDA

New Found Glory - Kiss Me

Para Pengunjung Blog Gue !!

Followers

Kutipan favorite...

"Jangan pernah mengaku kalah, meski kelihatannya hal itu tidak dapat di hindari"

TOP ARTIKEL

Diberdayakan oleh Blogger.