Welcome To My Blog

1. Struktur Pascal

Bahasa Pascal memiliki struktur sebagai berikut :

PROGRAM NamaProgram (FileList);
CONST
(* pendeklarasian konstanta *)
TYPE
(* pendeklarasian tipe *)

VAR
(* pendeklarasian variabel *)
(* pendefinisian subprogram-procedure atau function *)
BEGIN
(* batang tubuh/ main body *)
END.
(* mengakhiri program *)
Susunan/ urutan struktur di atas harus dipenuhi.

2. Aturan Penulisan pada Pascal

1. Penulisan bahasa pemrograman Pascal huruf kecil dan besar tidak terpengaruh pada nilai maupun variabel. 
Contoh : Nama akan sama dengan NAMA

2. Setiap akhir perintah harus diakhiri dengan tanda ; (titik koma) kecuali untuk perintah else begin (tidak digunakan titik koma antara else dan begin) Tanda ; (titik koma) tidak ditulis apabila : dalam sub terdapat sub lagi dan tidak melakukan aktivitas blok lagi dibawahnya.

3. Selalu memesan terlebih dahulu variabel yang akan digunakan.

4. Untuk penulisan Variabel dapat dengan huruf atau angka namun tidak diawali oleh angka.

Contoh :
Nama1 : String; {betul}
1Nama : String; {salah tidak diizinkan/error}
Nama1MHS: String; {betul}


5. Pemisahan nama variabel harus menggunakan tanda hubung _ {strip bawah}

Contoh :
Nama1_Mahasiswa : String; {betul}
Nama1 Mahasiswa : String {Salah tidak diizinkan/error}
Nama1Mahasiswa : String; {Betul}


6. Tanda kurung buka “{“ dan kurung tutup “}” merupakan keterangan atau komentar.

7. Tidak diizinkan menggunakan nama variabel yang sudah ada/ duplikasi variabel.
Nama Variabel tidak boleh sama dengan yang sudah ada.

Contoh :
Nama : String; Duplikasi nama maka Error
Nama : Integer; (Salah)


8. Tidak diizinkan menggunakan nama variabel pada Reserved Word.


Contoh :
Var Begin : Integer; {Salah karena Reserved Word}.


3. Perbedaan Konstanta dan Variabel 

Perbedaan antara veriabel dan konstanta yaitu:
Variabel digunakan untuk menyimpan suatu nilai yang digunakan dalam program. Nilai tersebut dapat berubah selama proses eksekusi program.
  1. Harus dimulai dengan abjad, tidak boleh dengan angka atau simbol. 
  2. Tidak boleh ada spasi diantaranya, harus menggunakan tanda garis bawah. contoh : Nilai_ujian 
  3. Jangan menggunakan simbol-simbol yang dapat membingungkan seperti titik dua, titik koma, koma, dan sebagainya. Contoh variabel : Nama, Alamat, Nilai_ujian
Konstanta adalah nilai yang tidak berubah selama berlangsungnya eksekusi program. Misalnya konstanta pi dalam program untuk mencari luas lingkaran, seperti :
   - Konstanta bilangan bulat
   - Konstanta bilangan real
   - Konstanta karakter
   - Konstanta string
   - Konstanta boolean

4. Identifier

Identifier adalah suatu nama yang digunakan untuk menyatakan variabel, konstanta, class, method. Untuk membuat nama identifier perlu memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Membedakan huruf besar dan huruf kecil (case sensitive).
  2. Nama identifier bisa terdiri dari satu atau beberapa karakter yang terdiri dari angka (0 – 9), huruf (A – Z, a – z), dollar ($), garis-bawah/underscore(_).
  3. Penamaan identifier harus dimulai dengan huruf, underscore(_), atau karakter dollar ($). Tidak boleh dimulai dengan angka.
  4. Simbol-simbol operator seperti (*), (+), (/), (-) tidak boleh digunakan.
  5. Dalam penamaan identifier tidak boleh menggunakan spasi.
  6. Tidak diperbolehkan menggunakan Kata-kata keyword dalam java (misalnya: public, class, static, dsb).
  7. Panjang nama identifier tidak dibatasi.
5. Identifier yang Benar dan Salah

  • Beberapa contoh penamaan identifier yang benar:
Nama
$Nama
NamaSiswa
NomorInduk
namaSiswa
nomorInduk
nama_siswa
nomor_induk
  • Beberapa contoh penamaan identifier yang salah:
1Nama
/NomorInduk
Nama Siswa


6. Reverse Word
Reverse Word digunakan untuk membalikan kata, contoh : DIMAS = TORRES,, ehh salah  yang bener DIMAS = SAMID .

7. MOD dan DIV
MOD dan DIV merupakan suatu operan , dimana MOD digunakan untuk mencari sisa bagi dan DIV digunakan untuk hasil bagi.


Essay !!
  1. {*program menghitung luas lingkaran dan keliling lingkaran*}
Program lingkaran;
Uses wincrt;
Var r,l,k : real ;
Begin
Clrscr;
Write('masukan jarijarinya');
Readln(r);
l:=3.14*r*r;
k:=3.14*r*2;
Writeln('r =' , r, 'maka luas.a =',l);
Writeln('dan keliling.a=',k);
Readln;
End.



    2. {*program menghitung lulus tidaknya suatu siswa dari nilai yang diperoleh jika sayarat* *kelulusan lebih dari sama dengan 60 *}

Program kelulusan;
Uses wincrt;
Var nilai : integer ;
Begin
Clrscr;
Writeln ('masukan nilai nilai anda');
Readln (nilai);
If nilai >= 60 then
Writeln (' Selamat Anda LULUS ');
Else
Writeln ('Maaf, Anda GAGAL');
Readln;
End.


  3. Perulangan mengunakan For


For A = 1 to 2 Do
Begin
For B = 2 down to 1 do
Write (B) ; write (A);
End;

Output :
2              1
1              1
2              2
1              2

   4.  Mencari bilangan genap ganjil menggunakan if else .

var x = integer :
begin
readln (x);
if x mod 2 = 0 then
writeln (' x adalah bilangan genap');
else 
writeln (' x adalah bilangan ganjil');
end 

Materi PASCAL bisa di download di :

http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13321/1.+KONSEP+DASAR+BAHASA+PASCAL.pdf
http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12458/2.jenis+data+dan+statemen+input+output.pdf
http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12459/3.+manipulasi+data.pdf
http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13322/4.+struktur+perulangan.pdf
http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13323/5.+STRUKTUR+KONTROL+IF%2C+SELECT+CASE.pdf
http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17124/6.PROCEDURE.pdf
http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17125/7.FUNCTION.pdf 

0 komentar:

Posting Komentar

`


Click !!

Selamat Datang Di Blog Saya

Thank you for visiting ..

Mengenai Saya

Foto saya
Gw adalah mahasiswa S1 jurusan IT di gunadarma.. gw itu orangnya gak suka cari masalah, agak ngeselin, baik hati dan tidak sombong, engga mau ribet, santai, ya gitu dah pokoknya... hhe.. hal yang gw senengin / hoby gw : Berenang, Main PS3 ( yang maen PES klo mau di bilang jago, kalahin gw dulu), Ngumpul Bareng Temen, Ngenet, Main DOTA, Badminton, Futsal, Jalan - jalan, pokoknya yang seru2 dah..

=> Calendar <=

=> Hour <=

Jadwal Shalat

Apa Mata Kuliah Favorit Anda ?

Website Universitas Gunadarma

Lucu n Kocak :D

Favorite gue nh !!!

Favorite gue nh !!!
"The Blues" CHELSEA !!

COLDPLAY - VIVA LA VIDA

New Found Glory - Kiss Me

Para Pengunjung Blog Gue !!

Followers

Kutipan favorite...

"Jangan pernah mengaku kalah, meski kelihatannya hal itu tidak dapat di hindari"

TOP ARTIKEL

Diberdayakan oleh Blogger.