Welcome To My Blog

Berhubung gw lagi ngidam sama yang namanya nasi uduk, jadi gw jelasin dulu dah apaitu nasi uduk dan asal mulanya gmana . Jadi nasi uduk itu adalah nama sejenis makanan yang terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaduk dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Menurut bacaan tentang nasi uduk yang saya dapat makanan ini bisa dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari. Sebenernya sih malem juga bisa, biasanya yang jual tuh tukang pecel lele or pecel ayam. hehe ..

Nasi Uduk
Jadi, sejarahnya tuh nasi uduk merupakan salah satu koleksi kuliner Betawi yang sudah jadi ikon ibukota. Nasi ini merupakan sajian nasi komplet dengan lauk-pauknya. Ada yang bilang, nasi ini merupakan kuliner Betawi asli. Namun, ada juga yang bilang kalau nasi ini pengaruh kuliner India yang memang punya koleksi nasi gurih yang mirip, diolah dari beras basmati.

Uniknya, nasi uduk ini bisa dinikmati kapan saja. Bisa untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Karena itu warung nasi uduk juga ada yang buka malam hari. Nasi uduk yang tersohor di Indonesia adalah di kawasan Kebon Kacang dan Palmerah yang masih memegang `aliran` Betawi asli.

Sajian nasi uduk terdiri dari nasi yang ditanak dengan santan, daun salam, dan serai sehingga pulen, gurih, lagi wangi. Nasi ini dibungkus daun pisang berbentuk kerucut dengan sedikit taburan bawang merah goreng di atasnya. Kualitas nasi ini yang menentukan enak tidaknya nasi uduk.

Lauk-pauknya terdiri dari ayam, jeroan ayam, paru, empal, tahu dan tempe yang semuanya digoreng. Sedangkan yang khas adalah semur jengkol dan semur tahu kentang. Cocolan yang wajib adalah sambal kemiri yang kemerahan dan kental, kadang ditambah dengan sambal biasa plus kecap manis.

Paling afdol makan nasi uduk pakai tangan langsung beralas daun pisang. Lauk-pauk bisa dipilih sesuai selera, setelah nasi diaduk dengan sambal, barulah disuap dengan lauk pilihan. Lalap daun kemangi, timun dan tomat disajikan sebagai pelengkap.

Beuhh, nikmat bukan cuy .. jadi nasi uduk tuh emang asli punya Indonesia kan . Budayakan makanan Indonesia okeh cuy biar engga di aku akuin lagi sama tetangga.
hhe..

Bravo Nasi Uduk dan Bravo Indonesia .. :D

0 komentar:

Posting Komentar

`


Click !!

Selamat Datang Di Blog Saya

Thank you for visiting ..

Mengenai Saya

Foto saya
Gw adalah mahasiswa S1 jurusan IT di gunadarma.. gw itu orangnya gak suka cari masalah, agak ngeselin, baik hati dan tidak sombong, engga mau ribet, santai, ya gitu dah pokoknya... hhe.. hal yang gw senengin / hoby gw : Berenang, Main PS3 ( yang maen PES klo mau di bilang jago, kalahin gw dulu), Ngumpul Bareng Temen, Ngenet, Main DOTA, Badminton, Futsal, Jalan - jalan, pokoknya yang seru2 dah..

=> Calendar <=

=> Hour <=

Jadwal Shalat

Apa Mata Kuliah Favorit Anda ?

Website Universitas Gunadarma

Lucu n Kocak :D

Favorite gue nh !!!

Favorite gue nh !!!
"The Blues" CHELSEA !!

COLDPLAY - VIVA LA VIDA

New Found Glory - Kiss Me

Para Pengunjung Blog Gue !!

Followers

Kutipan favorite...

"Jangan pernah mengaku kalah, meski kelihatannya hal itu tidak dapat di hindari"

TOP ARTIKEL

Diberdayakan oleh Blogger.