Welcome To My Blog

Listing Program

 

Tampilan Dalam Bentuk Form :

Logika Program 

Dalam laporan akhir kali ini saya menjelaskan tentang pembuatan  jenis dan effect tulisan serta memberi warna pada tulisan dengan menggunakan Visual Basic. Pada tampilan form saya membutuhkan icon seperti Label, CheckBox, OptionButton, HscrollBar ,TextBox dan CommandButton.

Nah, untuk membuat program tersebut pertama-tama saya membutuhkan Label yang terdapat pada toolbox. Kemudian klik icon tersebut dan saya akan membuat tiga buah Label yang dimana Label pertama (Label1) sebagai judul yang saya beri nama Kelas 1IA05. Label berikutnya(Label2) saya beri nama Teks, dan Label yang terakhir (Label3) saya beri nama Warna.

Kemudian, disebelah Teks (Label2) kita berikan tiga buah Checkbox secara horizontal yang digunakan untuk memilih kemudian menampilkan satu atau beberapa pilihan . Checkbox pertama akan saya gunakan untuk menebalkan tulisan (bold), checkbox kedua akan saya gunakan untuk memiringkan tulisan (italic), dan checkbox ketiga saya gunakan untuk menggaris bawahi tulisan (underline).
 
Setelah itu, disamping Warna (Label3) kita berikan tiga buah OptionButton secara vertikal yang digunakan untuk memilih satu pilihan, lain halnya dengan chekbox yang dapat memilih lebih dari 1 pilihan .OptionButton pertama saya beri nama red, kedua adalah green, dan ketiga adalah biru.
 
Kemudian , di samping masing – masing OptionButton kita berikan tiga buah HscrollBar yang digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri secara horizontal. Selanjutnya, disamping masing – masing HscrollBar kita berikan tiga buah TeksBox yang merupakan kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris. Dan langkah terakhir pada pembuatan form ini adalah kita gunakannya satu CommandButton yang saya berinama END yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya maka secara otomatis akan keluar dari program.
 
Selanjutnya, saya akan menjabarkan listing program yang telah tersusun dengan baik sampai berjalannya program ini dengan cara meng klik 2 kali pada tabel form tersebut. Saya akan menjelaskan satu per satu syntax - syntax dibawah ini :

•    Pada object Check1 :
Private Sub Check1_Click()
If Check1.Value = 1 Then
Label1.FontBold = True
Else
Label1.FontBold = False
End If
End Sub

Maksud dari syntax diatas adalah apabila pada checkbox kita klik (cek list), maka akan benilai 1, kemudian berikan font style Bold pada Label1 dengan nilai True maka kalimat pada Label1 akan menjadi tebal. Apabila setelah memberikan effect tersebut kita ingin membalikan menjadi seperti semua maka pada Label1 bernilai False (tidak memberikan effect bold pada teks).

•    Pada object Check2 :
Private Sub Check2_Click()
If Check2.Value = 1 Then
Label1.FontItalic = True
Else
Label1.FontItalic = False
End If
End Sub

Maksud dari syntax diatas adalah apabila pada checkbox kita klik (cek list), maka akan benilai 1, kemudian berikan font style Italic pada Label1 dengan nilai True maka kalimat pada Label1 akan menjadi miring. Apabila setelah memberikan effect tersebut kita ingin membalikan menjadi seperti semua maka pada Label1 bernilai False (tidak memberikan effect italic pada teks).

•    Pada object Check3 :
Private Sub Check3_Click()
If Check3.Value = 1 Then
Label1.FontUnderline = True
Else
Label1.FontUnderline = False
End If
End Sub

Maksud dari syntax diatas adalah apabila pada checkbox kita klik (cek list), maka akan benilai 1, kemudian berikan font style Underline pada Label1 dengan nilai True maka kalimat pada Label1 akan menjadi bergaris bawah. Apabila setelah memberikan effect tersebut kita ingin membalikan menjadi seperti semua maka pada Label1 bernilai False (tidak memberikan effect underline pada teks).

•    Pada object HScroll :
Private Sub HScroll1_Change()
warna
Text1.Text = HScroll1.Value
End Sub

Syntax diatas mewakili object Hscroll 2 dan Hscroll 3 karena memiliki fungsi yang sama yaitu digunakan untuk mengubah warna dengan cara menggulung/menggesernya ke arah kiri agar warna tersebut dapat berubah ubah sesuai angka yang muncul pada Text1. Sebelumnya kita mengatur terlebih dahulu pada propertis Hscroll dan masing masing pada bagian max kita masukan nilai 255. Jadi, apabila Hscroll di geser maka nilai yang muncul akan terletak pada Text1. Apabila pada warna merah kita geser sampai angka 100 maka warna pada background akan menjadi warna merah gelap.

•    Pada object  Option :
Private Sub Option1_Click()
Label1.BackColor = vbRed
End Sub

Syntax diatas mewakili object Option2 dan Option3 karena mempunyai maksud dan tujuan yang sama yaitu digunakan untuk memilih satu pilihan warna. Pada Option1 terdapat warna Red (merah), Option2 warna Green (Hijau), dan Option3 warna Biru (Blue). Jadi, apabila memilih Option1 (red) maka pada Label1yang bertuliskan Kelas 1IA05 tersebut akan berubah menjadi warna merah. Begitu pula pada Option2 (Green) dan Option3 (Blue). Apabila kita memilih pada Option2 maka pada Label1 akan berubah menjadi warna hijau dan apabila kita memilih pada Option3 maka pada Label1 akan berubah menjadi warna biru.

•    Pada object  Warna :
Public Sub warna()
Form1.BackColor = RGB(Form1.HScroll1.Value, Form1.HScroll2.Value,
Form1.HScroll3.Value)
End Sub

Maksud dari syntax diatas adalah digunakan untuk memadukan warna Red, Green, dan Blue (RGB) pada form atau background pada masing masing scroll bar . Jadi, sebagai contoh apabila pada Hscroll1 (red) kita geser sampai dengan nilai 255, dan pada Hscroll2 (green) kita geser sampai dengan nilai 157 dan pada Hscrol3 (blue) kita geser sampai dengan nilai 44 . Maka, tampilan pada form / background dengan paduan warna RGB (Red, Green, Blue) akan menampilkan warna Orange seperti yang terrlihat pada output ke 2.

•    Pada object Command :
Private Sub Command1_Click()
End
End Sub

Syntax diatas merupakan syntax yang terakhir pada program ini, jadi syntax di atas digunakan untuk keluar dari program dengan cara mengklik sebanyak 2 kali pada CommandButton kemudian masukan perintah End yang digunakan untuk keluar dari program

Proses pada listing program ini pun selesai. Nah, langkah selanjutnya saya menekan F5 (start) atau meng klik icon start yang terdapat pada toolbox yang digunakan untuk melihat output dari listing program yang telah saya buat.


Output Program




0 komentar:

Posting Komentar

`


Click !!

Selamat Datang Di Blog Saya

Thank you for visiting ..

Mengenai Saya

Foto saya
Gw adalah mahasiswa S1 jurusan IT di gunadarma.. gw itu orangnya gak suka cari masalah, agak ngeselin, baik hati dan tidak sombong, engga mau ribet, santai, ya gitu dah pokoknya... hhe.. hal yang gw senengin / hoby gw : Berenang, Main PS3 ( yang maen PES klo mau di bilang jago, kalahin gw dulu), Ngumpul Bareng Temen, Ngenet, Main DOTA, Badminton, Futsal, Jalan - jalan, pokoknya yang seru2 dah..

=> Calendar <=

=> Hour <=

Jadwal Shalat

Apa Mata Kuliah Favorit Anda ?

Website Universitas Gunadarma

Lucu n Kocak :D

Favorite gue nh !!!

Favorite gue nh !!!
"The Blues" CHELSEA !!

COLDPLAY - VIVA LA VIDA

New Found Glory - Kiss Me

Para Pengunjung Blog Gue !!

Followers

Kutipan favorite...

"Jangan pernah mengaku kalah, meski kelihatannya hal itu tidak dapat di hindari"

TOP ARTIKEL

Diberdayakan oleh Blogger.