Welcome To My Blog

Ketika mendatangi sebuah acara pernikahan, saya bertemu serta mengobrol ngobrol dengan seorang pengusaha roti yang  telah sukses  dalam usahanya hingga  ia  dapat menyekolahkan  dan mengkuliahkan anaknya. Dan, berikutlah isi percakapan (wawancara) yang terjadi antara saya dengan narasumber ( Pak Isharmanto yang biasa di sapa Pak Is ).

Saya  :  Selamat Malam pak…?

Pak Is  :  Ya..Malam…

Saya  :  hehe .. Permisi Pak, Maaf mengganggu sebentar, bolehkah saya ngobrol  - ngobrol sebentar sama Bapak ?

Pak Is  :  Ya boleh.. ada apa ya ?..

Saya  :  Sebenernya saya ada tugas dari kampus nih pak buat  wawancarain seorang ,, berhubung bapak kan pengusaha roti.. hehe .. bersediakan kan pak jadi narasumber ??

Pak Is :  ohh,, begitu... oke deh saya bersedia .. haha

Saya : Nama lengkap bapak siapa ?

Pak Is : Nama saya Isharmanto tapi orang orang biasa manggilnya Pak Is ..

Saya  :  Sudah berapa lama Bapak membuka usaha roti / bakery ?

Pak Is  :  Saya sih masih bisa dibilang baru di usaha ini, Saya buka usaha roti ini sekitar 4 tahun yang lalu ..

Saya  :  Bagaimanakah  awal  mula  Pak Is Bekerja sebagai seorang pengusaha Roti ?

Pak Is  :  Pada awalnya sih saya merasa  tidak  cocok untuk  berjualan Bakery ini. Tapi karena masalah Ekonomi yang semakin hari semakin  meningkat  dan  juga kebutuhan hidup  keluarga  saya yang  semakin banyak. Oleh karena itu saya memberanikan diri untuk membuka usaha  seperti ini.

Saya :  Pak  kalo  boleh  saya  tahu,  bagaimanakah  awal  mulanya  usaha  Bapak menjadi seorang pengusaha Roti , hingga sukses seperti ini..?

Pak Is  :  Pada awal  mulanya saya ditawarkan oleh istri saya untuk mengikuti sebuah seminar di daerah jakarta yang membahas tentang “ Cara Gila Jadi Pengusaha “ . Nah, setelah seminar itu lah saya mulai mencoba menjadi seorang pengusaha dan merintis usaha ini sampai akhirnya saya membuka usaha bakery ini sendiri.

Saya  :  Wah, berawal dari seminar ternyata .. hehe.. O iya pak, sebelum bapak menjadi pengusaha bakery ini, pekerjaan bapak apa sih?

Pak Is  :  haha,, sebelum saya punya usaha bakery ini, saya mengajar di sekolah swasta di daerah pejaten sana ..

Saya : Ohh, bapak seorang guru toh.. guru apa pak ? maksud bapak sekolah swasta di daerah pejaten tuh apa betul Gonzaga pak ??

Pak Is : Saya guru biologi .. loh, kok kamu tahu Gonzaga ?

Saya : ohh, guru biologi toh.. jelas saya tahu lah pak soalnya adik saya sekolah di situ sekarang . Apa bapak masih mengajar di Gonzaga sampai sekarang ?

Pak Is : Wah, ternyata adik kamu itu murid saya toh.. hehe .. Iya, saya masih bekerja di Gonzaga sekarang .

Saya : Memang bapak lulusan dari mana / kuliah dimana ?

Pak Is : Saya kuliah di UGM, jurusan Biologi

Saya : wahh,, hebat .. Oh iya, balik ke roti nih pak .. hehe.. Pekerja bapak saat ini ada berapa orang ?

Pak Is : Saat ini pekerja saya kira kira berjumlah dua puluh orang ..

Saya  :  Wah, banyak juga yaa .. Oh iya Pak.. Para pekerja bapak laki laki atau perempuan ?

Pak Is  :  Laki dan perempuan, tapi yang lebih dominan sih laki laki nya ..

Saya  :  Kalo Laki laki kerjanya ngapain sih Pak ?

Pak Is :  Kalo yang laki laki pekerjaannya yang buat rotinya

Saya :  kalo yang perempuan ?

Pak Is : Kalo yang perempuan kerjanya mengemas roti sama jadi kasirnya.

Saya  :  Kalo  boleh  tahu, Bahan-bahan dasar untuk  membuat Roti itu terdiri dari  apa saja sih pak ?

Pak Is :  Bahan-bahan dasar  yang  digunakan  untuk  membuat  Roti   yaitu :

•    Tepung Terigu
•    Ragi
•    Kuning Telur
•    Gula Pasir
•    Susu Cair
•    Air Putih Dingin
•    Margarin

Kurang lebih seperti itulah bahan bahan dasar yang digunakan.

Saya  :  Nah, Terus  cara  pembuatan Roti  itu sendiri bagaimana dan seperti apa sih secara singkat Pak ?

Pak Is  :  Jadi, cara  membuatnya itu yaitu  singkat saja yaa ..

1.    Pisahkan kuning telur dari telur
2.    Campur tepung terigu dengan ragi di dalam suatu wadah. Ragi tersebut digunakan  agar roti menjadi mengembang
3.    Tambahkan gula pasir sesuai selera agar roti memiliki rasa manis
4.    Kemudian campurkan kuning telur kedalam tepung terigu yang “katanya” agar roti menjadi empuk
5.    Lalu tambahkan margarin ke dalam adonan roti agar roti menjadi terasa gurih
6.    Jika bisa tambahkan vanili agar adonan roti menjadi harum
7.    Campur susu dengan air dingin hingga adonan menjadi aklis dengan cara mengaduknya secara perlahan hingga lama kelamaan adonan berubah menjadi kalis
8.    Terakhir tutup adonan dengan kain basah kurang lebih selama 1 jam
9.    Langkah selanjutnya, setelah kita berhasil membuat adonan roti, kita sudah siap untuk mencampurkan adonan roti dengan isinya. Jangan lupa siapkan loyang dan oven untuk membuat roti
10.    Olesi loyang dengan margarin agar loyang tidak menjadi lengket oleh roti
11.    Kemudian, Campur isi roti ke dalam adonan dengan cara mengambil sebagian kecil adonan roti kemudian masukkan isi roti ke dalam adonan roti. Untuk masalah bentuk roti dapat disesuaikan dengan selera masing-masing
12.    Selanjutnya, simpan kedalam loyang roti yang telah kita bentuk ke dalam loyang yang telah di olesi margarin tadi
13.    Jika bisa,olesi roti dengan Susu di bagian atasnya agar roti terlihat mengkilap
14.    Dan, terakhit masak roti di dalam oven
15.    Lalu, Roti yang siap di sajikan dan siap di santap ..
Begitulah kurang lebihnya step step yang dilakukan saat membuat roti.

Saya  :  Wah… Caranya lumayan melelahkan juga sepertinya pak.. hehe ..

Pak Is  :  Memang sih…

Saya  :  Oh iya pak,   Roti   yang   sudah  Pak  Is  produksi tuh roti apa saja pak ?

Pak Is  :  Ada Roti tawar, Roti isi, Roti manis, Donat, dan sebagainya..

Saya  :  Biasanya yang isi dari roti isi nya di isi apa aja pak ?

Pak Is  :  Biasanya nya sih diisi Coklat, Keju, Strowberry, Vanilla, Nanas, Kelapa, Srikaya, Kacang Ijo, Sosis, dan Daging

Saya  :  Dari semua roti isi yang ada, yang paling banyak di beli roti rasa apa aja sih pak ?

Pak Is  :  Yang paling banyak di gemari sih kayaknya isi coklat dan keju karena coklat dan keju selalu naik permintaannya.

Saya  :  Nah, kalau roti sudah dikemas dan siap dijual biasanya kita distribusikan/jual kemana aja ?

Pak Is  :  Tentunya kita distribusikan ke SuperMarket, Toko - toko /  warung, Rumah Sakit, Kantin - kantin sekolah, dan didangangkan oleh para pedagang keliling.

Saya  :  Ohh, begitu.. Nah, roti – roti tersebut biasanya Bapak jual dengan harga berapa sih Pak..?

Pak Is  :  Kalo  harga  sih  tergantung pada jenis/isi/bentuk dari roti tersebut, Disini kami menyediakan harga mulai dari Rp.2.000.00-, Rp.3.000.00-, Rp.4.000.00-, Rp.5.000.00-, sampai dengan Rp. 15.000.00-,.

Saya  :  Wah… Harganya  lumayan  terjangkau  juga  ya Pak. Setelah Bapak sukses seperti ini, rencana ke depanya seperti apa ?

Pak Is  :  Rencana   saya   ke  depan    adalah    saya    ingin    terus   meningkatkan perusahaan saya ini baik dalam segi kualitas maupun kuantitas.

Saya : Bisa kasih masukan / input sedikit engga pak , supaya saya bisa sukses seperti bapak ?

Pak Is : Jadi, intinya itu dalam bekerja tuh kita harus bekerja keras, gak boleh mengeluh, percaya diri bahwa kita bisa, jangan putus asa, selalu optimis, dan harus berani dalam mengambil suatu keputusan.

Saya  : Siiiipppp dehh klo begitu pak, pasti saya inget inget terus tuh masukan dari bapak .. hehe,, Kalau  begitu  selamat  dan  sukses  deh  Pak, Semoga  apa  yang  Bapak harapkan  dan  impikan  bisa  terkabul.

Pak Is  :  haha,, bisa aja kamu.. Amin..

Saya : Makasih banyak banget nih pak udh mau saya wawancara, jadi gak enak nih sama pengantinnya ... hahahahaha ... Kapan – kapan saya mampir deh, ke perusahaan bapak .. hehe

Pak Is : haha.. iya sama sama , silahkan mampir aja jangan sungkan sungkan .. hehe ..

Setelah percakapan selesai. Saya pun, bersalaman dengan Pak Is dan kemudian berfoto bersama terlebih dahulu oleh narasumber kita yang satu ini .. hehe ..

Pak Is dan Saya

1 komentar:

nice article, very helpfull & usefull. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck....

Poskan Komentar

`


Click !!

Selamat Datang Di Blog Saya

Thank you for visiting ..

Mengenai Saya

Foto Saya
Gw adalah mahasiswa S1 jurusan IT di gunadarma.. gw itu orangnya gak suka cari masalah, agak ngeselin, baik hati dan tidak sombong, engga mau ribet, santai, ya gitu dah pokoknya... hhe.. hal yang gw senengin / hoby gw : Berenang, Main PS3 ( yang maen PES klo mau di bilang jago, kalahin gw dulu), Ngumpul Bareng Temen, Ngenet, Main DOTA, Badminton, Futsal, Jalan - jalan, pokoknya yang seru2 dah..

=> Calendar <=

=> Hour <=

Jadwal Shalat

Apa Mata Kuliah Favorit Anda ?

Website Universitas Gunadarma

Lucu n Kocak :D

Favorite gue nh !!!

Favorite gue nh !!!
"The Blues" CHELSEA !!

CHELSEA !!

Loading...

COLDPLAY - VIVA LA VIDA

New Found Glory - Kiss Me

Para Pengunjung Blog Gue !!

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kutipan favorite...

"Jangan pernah mengaku kalah, meski kelihatannya hal itu tidak dapat di hindari"

TOP ARTIKEL

Diberdayakan oleh Blogger.